`نشــر الســنة في الأر خــبيل` جمعية الدعوة الإسلامية مرحبا اهلا وسهلا بحضوركم

Profile

Sejarah Singkat Yayasan Da’wah Islamiyyah

Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah merupakan sebuah yayasan Islam dimana sejak awal pendiriannya telah memposisikan diri sebagai sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan da’wah Islamiyah. Lebih khusus lagi adalah dalam rangka penyebaran dan menghidupkan kembali ajaran sunnah Rasulullah SAW. Hal mana dilatar belakangi dengan adanya sebuah kecendrungan yang tumbuh di masyarakat terhadap pergeseran cara pandang kepada dienul Islam. Perlu kita akui bahwa saat sekarang ini umat Islam sudah jauh dari ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah, pemahaman keagamaan masyarakat sudah terkontaminasi oleh pemikiran dan budaya yang hidup di luar Islam. Masyarakat Islam secara tidak sadar sudah dibawa pada pemahaman akidah yang tidak sesuai serta dijauhkan dari perilaku sunnah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Jauh sebelum Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah berdiri, pada tahun 1999 oleh para perintis Ad Da’wah dibentuk sebuah program kajian Islam dan tahfidzul Qur’an yang merupakan cikal bakal Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah.

Dalam strukturnya, Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah (JDI) membawahi 4 buah divisi (lembaga) antara lain Divisi Da’wah, Divisi Pendidikan, Devisi Pembangunan. Devisi Sosial. Keempat lembaga inimempunya job discription yang berbeda, dimana DivisiDa’wah mempunyai job untuk membuat program-program Da’wah,  melakukan kajian, penelitian dan seminar-seminar Islam, mengadakan kerjasama di bidang ilmiah dan da’wah dalam rangka pelayanan kepada Islam dan masyarakat luas. Adapun Divisi Pendidikan mempunyai program yang khusus mempersiapkan lembaga-lembaga Pendidikan Formal dari tingkat Taman Pendidikan Islam dan Al Qur’an sampai ke jenjang lebih tinggi, Devisi Pembangunan bekerjasama membantu Umat Islam sekaligus Pemerintah Dalam Pembangunan terutama untuk pembangunan Sarana Ibadah, MCK dan pendidikan, Devisi Sosial melakukan kegiatan sosial diantaranya Santunan Fakir Miskin, Penyaluran Zakat, Hewan Qurban dan kegiatan sosial lainnya.

Visi Yayasan Da’wah Islamiyah

  1. Berpegang teguh kepada ajaran Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.
  2. Pemahaman Ahlus Sunnah wal jamaah yang benar serta secara totalitas mengamalkan dan meneladani ajaran yang dilakukan oleh para Salafus Shalihin.
  3. Menjadi lembaga pengkaderan juru da’wah yang berkualitas

Misi Yayasan Da’wah Islamiyah

  1. Menyebarkan dan menghidupkan ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW, dari sumber pokoknya yakni Al Qur’an dan As-Sunnah lewat pemahaman Salafus Shalihin.
  2. Memberikan seruan dan mengajak umat Islam pada pemahaman Ahlus sunnah wal Jama’ah seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah serta para sahabatnya.
  3. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang pengkajian Islam

Strategi Pencapaian Program

Menyadari bahwa misi yang diemban Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah cukup berat, mengingat tugas menyebarkan dan menghidupkan pemahaman ajaran Al Qur’an dan As Sunnah ditengah kondisi masyarakat yang sedang mengalami degradasi moral dan akidah bukanlah perkara yang gampang. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan

Struktur  Pengurus  Yayasan Da’wah Islamiyah

Ketua Umum       : Kurnia Idik, SH.

Sekretaris             : Dra.Hj.Dewi Supriatin, M.Pd

Bendahara            : Uswatun Sofiah, S.Pd

Ketua Harian        :  H.Takdir Uripto, SE. MM

Ketua Pengawas  :  H.Mursali Hamzah, SH.


 

LEGALITAS YAYASAN

Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah secara resmi menjadi yayasan dengan akta notaris Ny. Jusnitia Gunawan nomor 6 pada tanggal sembilan bulan Oktober tahun dua ribu (9-10-2000).

Perubahan Akta Yayasan Jamiyyah Ad-Da’wah Al-Islamiyah Nomor 03 Tanggal 26 Mei 2014. Keputusan Menkumham Nomor: AHU-02323.50.10.2014. Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Jam’iyah Ad-Da’wah Al-Islamiyah. Tanggal 26 Mei 2014.

OFFICE

Jln. TB. Hasan Cimesir, Rangkasbitung, Lebak – Banten

Tlp : 0252 281078, Fax . 0252 281

E-mail : jd_islamiya@yahoo.co.id