`نشــر الســنة في الأر خــبيل` جمعية الدعوة الإسلامية مرحبا اهلا وسهلا بحضوركم

Unit Sosial

Divisi Sosial merupakan sebuah Divisi yang pola kegiatannya berfokus pada peñata Administrasi Kerumahtanggaan Yayasan serta kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial. Adapun kegiatan sosial, yang dilaksanakan Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah antara lain :

• Pembangunan Sarana Ibadah

Menyadari pentingnya Masjid sebagai sarana ibadah dan alat pemersatu ummat, Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah mencoba membantu mengatasi kebutuhan masyarakat akan sarana tersebut .
Selain membangun Sarana Ibadah berupa Masjid Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah juga mambangun fasilitas lain untuk kepentingan masyarakat berupa pembangunan Islamic Center serta pembangunan sumur/MCK. Sampai saat ini Ad Da’wah telah berhasil membangun sebanyak 500 masjid dan sumur beserta MCKnya di beberapa daerah di Indonesia

• Penyelenggaraan Ifthor Shoim.

Kegiatan sosial lainnya yang diselenggarakan Jum’iyyah Ad Da’wah Islamiyyah adalah Ifthor Shoim Jama’i setiap bulan Ramadhan. Ifthor Shoim ini diselenggarakan di masjid-masjid, majlis ta’lim, panti asuhan dan madrasah di kota-kota, dimana Jam’iyyah Da’wah Islamiyyah mempunyai da’i-da’inya, serta daerah-daerah lain yang dipandang sangat membutuhkan.

• Penyaluran Zakat

Zakat merupakan perintah langsung Allah SWT yang disampaikan kepada umatnya melalui utusannya para nabi dan rasul.Hal ini terangkum dalam Al Qur’an. “wa ‘aqimus sholaata, wa ‘atuzzakaata, war qo’u ma’rrooqi’iin”. [dirikanlah sholat, tunaikan zakat, dan rukuklah bersama orang-orang yang ruku’]. QS: Al Baqarah ayat 43 . Landasan inilah yang menjadi dasar Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah melaksanakan Kegiatan berupa Penerimaan serta Penyaluran Zakat Kepada Mustahiq.

• Penyembelihan Hewan Qur’ban.

Penyembelihan hewan qur’ban setiap tahunnya selalu diselenggarakan Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah. Selain pemotongan yang dilakukan di kantor pusat dan masjid-masjid binaan, Ad Da’wah juga menyalurkan hewan qur’bannya ke masjid-masjid lain, majlis ta’lim serta Darul Aitam yang dipandang sangat membutuhkan. Daging qurban tersebut kemudian diberikan kepada mereka yang berhak untuk mendapatkannya.

• Penyelenggaraan Aqiqah

Selain melaksanakan Kegiatan berupa Penyembelihan Hewan Qurban Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah juga melaksanakan Penyembelihan Hewan Aqiqah yang akan disalurkan kepada anak-anak yatim dan fakir miskin.

• Kegiatan Bakti Sosial

Salah satu Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah adalah dengan memberikan bantuan kepada fakir miskin dan menyalurkan bantuan kepada Korban Bencana Alam .

• Sunatan Massal

Salah satu kegiatan Tahunan yang dilaksanakan Jum’iiyah Da’wah Islamiyyah yaitu mengadakan Khitanan Masal atau yang sering disebut dengan Sunatan Masal. Dalam Pelaksanaannya Yayasan Islam Ad-Da’wah bekerjasama dengan Lembaga-Lembaga yang ada untuk menyelenggarakan Khitanan Masal.

• Santunan Anak Yatim

Santunan Anak Yatim merupakan Kegiatan Sosial yang dilaksanakan Jum’iyyah Da’wah Islamiyyah. Dalam Menjalankan Santunan Kepada Anak Yatim Yayasan Islam Ad-Da’wah bekerjasama dengan Pesantren-Pesantren yang ada disekitar Propinsi Banten.

BAKSOS 14 oKTOBER 2015

Sudah merupakan satu wajiban bagi seorang muslim yang mampu untuk menyedekahkan hartanya kepada orang yang tidak mampu, sebagaimana di firmankan dalam Al Quran  3: 92

SURAT1

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya2a

Salah satu divisi yang ada di  Jum’iyyah Da’wah Islamiyah adalah divisi sosial. Salah satu tugas dan fungsi dari divisi ini adalah melakukan bakti social yaitu memberikan bantuan  dan santunan bagi fakir miskin serta  bantuan untuk bencana alam. Maksud dan tujuan dari pemberian bantuan dan santunan ini kepada masyarakat miskin agar Jum’iyyah Da’wah Islamiyah melalui donator dapat membantu meringankan  kesulitan kehidupan mereka yang memang perlu dibantu, sehingga mereka yang mengalami kesulitan ekonomi merasa tertolong   dan tidak membiarkan saudara saudara kita yang muslim menjadi   fakir. Kefakiran seseorang bisa mendorong seseorang  menjadi kufur, untuk menghindari peluang terjadinya hal hal yang tidak  diharapkan seperti itu. Jum’iyyah Da’wah Islamiyah telah  melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan  beras kepada masyarakat di beberapa daerah di Banten

10a

Kegiatan bakti social dengan membagikan bahan kebutuhan pokok yang sangat diperlukan oleh masyarakat merupakan kepedulian Jum’iyyah Da’wah Islamiyah   didalam meringankan beban mereka yang  akhir akhir ini dirasakan cukup memberatkan, terutama untuk masyarakat yang kurang mampu. Semoga bantuan sembako yang telah   kami berikan dapat bermafaat bagi mereka  yang memerlukannya. Kegiatan bakti sosial seperti ini sudah sering   dilakukan secara periodik, dan kegiatan seperti ini sangat dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkannya.

BAKTI SOSIAL  20 OKTOBER 2015

Pada tanggal 20 Oktober 2015 lalu  Jam’iyyah Da’wah Islamiyah melakukan bakti social ke daerah  Kampung Cibeas, Pelabuhan Ratu Sukabumi, pada kesempatan itu  membagi bagikan beras kepada penduduk yang kurang mampu. Diharapkan dengan pembagian beras ini masyarakat dapat merasakan mafaat dari beras yang dibagikan, sehingga  dengan ini kami bisa  membantu meringankan  beban ekonimi  yang akhir akhir ini sangat berat dirasakan oleh masyarakat, terutama yang kurang mampu Dengan menempuh perjalanan yang cukup jauh,dan melelahkan bukanlah satu halangan untuk tetap beramal

1a

Pemberian Sedekah sebagai bakti sosial dari Jum’iyyah Da’wah Islamiyah tentu selain menjalin silaturahmi diantara  sesama muslim yaitu untuk saling membantu antara muslim yang mampu dengan yang kurang mampu dengan niatan yang iklas.

Sejatinya, pemurah adalah sifat yang dimiliki Allah SWT. “Akulah Ar Rahmân dan Ar Rahîm. Aku petikkan baginya dari nama-Ku…,” demikian sabda Allah SWT. dalam sebuah hadits qudsi. Pancaran sifat ini kemudian “diserap” oleh para nabi dan orang-orang saleh sehingga menjadi akhlak utama mereka. Di antara semua manusia, Rasulullah SAW. adalah manusia paling mampu mencontoh sifat pemurah ini.

4a

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa kita diperintahkan untuk berakhlak dengan akhlak Allah, takhalluq bi akhlâqillâh. Untuk itu, kita pun dituntut untuk menjadi seorang pemurah karena itulah satu sifat Allah. Sebagai pengamalan kongkret, akan sangat baik untuk  memulai membiasakan diri menyisihkan sebagian rezeki kita miliki untuk orang lain, entah itu untuk orang tua, saudara, teman, tetangga, atau pun guru. Ada baiknya orang-orang yang memiliki hubungan kekeluargaan lebih didahulukan, kemudian tetangga dekat, tetangga jauh, dan seterusnya.

Seorang muslim yang bersedekah berarti dia membuktikan kejujurannya dalam beragama. Betapa tidak, harta yang merupakan bagian yang dia cintai dalam hidupnya, harus dia berikan ke pihak lain. Karena itulah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut sedekah sebagai ‘burhan’ (bukti). Dalam hadis dari Abu Malik Al-Asy’ari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَالصَّلَاةُ نُورٌ، وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ، وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

“Shalat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti, sabar itu sinar panas, sementara Al-Quran bisa menjadi pembelamu atau sebaliknya, menjadi penuntutmu.” (HR. Muslim 223).

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Niat yang ikhlas hanya kepada Allah  dalam setiap amal kebaikan; dan sedekah yang disebutkan dalam Al Qu’ran

surat4

(Q.S.4:114. Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau Mengadakan perdamaian di antara manusia. dan Barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, Maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.

Jika para pembaca ada yang ingin menyalurkan infak dan sedekahnya kepada masyarakat, kami siap membantu menyalurkan sumbangan bapak atau ibu dengan cara langsung atau cash. Anda bisa mendatangi kantor kami  Jum’iyyah Da’wah Islamiyah yang berdomisili di   Jln. Tb Hasan, Cimesir, Rangkasbitung, Kab Lebak, Provinsi Banten. Pastikan anda mendapatkan tanda terima untuk setiap sumbangan yang anda berikan.

Transfer ke Rekening Bank

Atas Nama : Jum’iyyah Da’wah Islamiyah

No Rekening 2430055

BNI Cabang Rangkasbitung